{"id":4032,"date":"2024-01-19T10:08:00","date_gmt":"2024-01-19T03:08:00","guid":{"rendered":"https:\/\/blog.transtrack.co\/?p=4032"},"modified":"2024-01-19T10:08:00","modified_gmt":"2024-01-19T03:08:00","slug":"rem-tangan-bus","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/blog-staging.transtrack.id\/rem-tangan-bus\/","title":{"rendered":"Bagaimana Cara Kerja dan Pengoperasian Rem Tangan Bus?"},"content":{"rendered":"\n

Keamanan dalam perjalanan bus tidak hanya bergantung pada perangkat utama, tetapi juga pada sistem rem tangan yang seringkali terlupakan. Artikel ini membahas peran kritis sistem rem tangan, menggali tantangan dalam pemeliharaannya, dan memperkenalkan solusi inovatif dari TransTRACK.<\/p>\n\n\n\n

Sistem rem tangan bukan sekadar alat penghentian darurat; ia memegang peran sentral dalam memastikan keamanan dan keandalan setiap perjalanan. Dari pemantauan kondisi real-time hingga jadwal pemeliharaan otomatis, TransTRACK hadir sebagai solusi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan armada bus.<\/p>\n\n\n\n

Dalam artikel TransTRACK<\/a><\/strong> ini, kita akan menyelami esensi perawatan sistem rem tangan, membahas tantangan yang dihadapi oleh operator armada, dan mengungkapkan bagaimana solusi inovatif dapat membuka jalan menuju masa depan transportasi yang lebih aman.<\/p>\n\n\n\n

Bagaimana cara kerja rem tangan bus?<\/h2>\n\n\n\n

Rem tangan atau hand brake pada bus umumnya menggunakan sistem rem udara (air brake system) karena armada ini memiliki berat yang lebih besar dan memerlukan sistem pengereman yang lebih kuat. Berikut adalah gambaran umum cara kerja hand brake pada bus dengan sistem rem udara:<\/p>\n\n\n\n

Tuas Rem Tangan (Hand Brake Lever)<\/h3>\n\n\n\n

Rem tangan pada bus biasanya diaktifkan dengan menggunakan tuas hand brake yang terletak di dekat sopir. Tuas ini seringkali mirip dengan tuas hand brake pada mobil, tetapi pada bus, itu biasanya digunakan untuk mengendalikan sistem rem udara.<\/p>\n\n\n\n

Sistem Rem Udara<\/h3>\n\n\n\n